Cari Blog Ini

Rabu, 24 Juni 2015

Accounting


Image result for akuntansi
Penjelasan mengenai akuntansi, jadi secara teori akuntansi adalah semua proses yang berhubungan dengan transaksi keuangan mulai dari pencatatan, mengklasifikasi jenis transaksi, meringkasnya, mengolah dan menjadikan sebuah data, tujuannya adalah untuk menjadikan sebuah laporan keuangan yang akurat. Mengapa laporan keuangan ini dibutuhkan? Laporan keuangan tersebut dibutuhkan oleh pihak-pihak di dalam perusahaan sebelum mereka membuat suatu keputusan atau kebijakan. Misalnya, di perusahaan mobil merek A. Sebelum memutuskan akan meningkatkan produksi maka harus dilihat dulu bagaimana penjualannya, bagaimana ketersediaan keuangan untuk membeli bahan baku atau mengembangkan pabrik, bisa juga digunakan ketika akan mengajukan pinjaman kepada pihak ke tiga seperti bank, atau untuk melaporkan kondisi perusahaan kepada pemegang saham, investor atau pemilik perusahaan. Kira-kira seperti itu. 

Jurusan akuntansi identik dengan angka. Jadi
harus siap kalo nanti selalu ngerjain hitung-hitungan. Tapi bukan cuma hitung-hitungan aja, dibutuhkan juga pemahaman dan ketelitian. Ketika kuliah nanti, saat ujian misalnya, untuk menjawab soal-soal pertanyaan dibutuhkan pemahaman dalam membuat langkah-langkah untuk menjawabnya. Hitung-hitungan mungkin ngga terlalu rumit, tapi ketelitian sangat diperlukan ketika menyelesaikan laporan keuangannya. Transaksi ini masuk kategori apa, ditempatkan di mana, dsb. Jadi harus teliti mulai dari nyatet transaksi sampe pembuatan laporan keuangan.

Sekarang ini, banyak perusahaaan-perusahaan yang memiliki departemen keuangan yang bersedia memperkerjakan para mahasiswa yang baru lulus. Departemen ini tidak hanya berurusan dengan perputaran keuangan, pendapatan dan biaya produksi suatu perusahaan, tetapi juga mengurus hukum perpajakan. Selain itu, data-data keuangan ini akan digunakan untuk memprediksi ekspansi perusahaan yang bersangkutan, bisa juga bekerja di divisi keuangan di berbagai perusahaan baik swasta maupun milik pemerintah seperti BPKP, BPK dan Dirjen Pajak. Kamu juga bisa bekerja sebagai auditor di Kantor Akuntan Publik (KAP). Salah satu orang sukses dari lulusan akuntansi adalah Bapak Johnny Darmawan Danusasmita, mantan Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor. Ia adalah lulusan jurusan akuntansi, fakultas ekonomi Universitas Trisakti. Pernah bekerja sebagai auditor di PricewaterhouseCoopers (PwC) Jakarta, sebelum akhirnya bergabung di grup Astra. Presiden Direktur adalah jabatan tertinggi disebuah perusahaan, itu artinya mereka yang dari jurusan akuntansi juga berpeluang menduduki posisi ini.

Lulusan akuntansi disebut sarjana ekonomi dan mendapat gelar S.E. Jika setelah lulus kamu ingin menjadi akuntan publik, maka harus mengikuti pendidikan profesi akuntansi dulu selama satu tahun, setelah itu berhak mendapat register negara dan boleh mengikuti Ujian Sertifikasi Akuntan Publik (USAP). Gelar kamu akan bertambah menjadi S.E., Ak. Dan setelah itu kamu bisa membuka praktek atau membuka kantor sendiri sebagai seorang akuntan publik. Apa yang dikerjakan oleh seorang akuntan publik jika sudah bisa membuka praktek sendiri? Kamu ibarat seorang pengusaha yang bisa memberikan jasa pemeriksaan (audit), jasa perpajakan (tax service), jasa konsultasi manajemen (management advisory services) dan jasa akuntansi (accounting services) kepada perusahaan-perusahaan.


Untuk Program Sarjana, kuliah di Jurusan Akuntansi pada umumnya berlangsung selama 3 tahun. Di tahap ke-2 atau ke-3, mahasiswa diharuskan untuk magang. Nilai minimal untuk mendaftar ke Jurusan Akuntansi tingkat Sarjana adalah 3 nilai A atau setara. Ada juga sejumlah program Akuntansi Pascasarjana yang tersedia terutama untuk lulusan dengan klasifikasi tinggi dan memiliki bakat alami untuk Matematika, Ekonomi atau bahkan Bisnis. Untuk semua tingkatan, para calon mahasiswa yang berasal dari negara yang tidak berbahasa Inggris sebagai bahasa utama diharuskan untuk lulus tes IELTS dengan nilai minimal 6.0-6.5 untuk memulai perkuliahan mereka. Para mahasiswa juga diharapkan untuk menghadiri kuliah secara reguler, dan akan dinilai melalui kombinasi ujian dengan proyek tertulis. Disamping itu, mereka juga didorong untuk ikut serta dalam kegiatan magang sebagai bagian dari program kuliah mereka. 

SUMBER

http://infokuliah.com/sudah-kenal-jurusan-akuntansi/ 
http://www.hotcourses.co.id/subject/accounting/ 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar